Being Highly Sensitive Person

Sudah tengah malam and I feel the urge to write about this. Terkadang gw suka merepotkan diri gw sendiri untuk balikin lagi mood orang yang buruk. Gw juga suka take sesuatu seriously sampe sampe ada orang yang bilang gw itu kaku. Gw baru sadar setelah gw baca majalah G*girl yang membahas tentang “Highly Sensitive Person”, dan gw adalah salah satunya.

Highly Sensitive Person (HSP) adalah suatu kondisi dimana otak cenderung nyerap informasi yang lebih detail dari lingkungannya.

Hasilnya, mereka bisa ngerasain stimulasi intens yang gak dialamin orang lain. Ini yang bikin orang HSP jadi super peka, dan lebih “nyadar” sama hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

Tanda-tanda orang HSP :

  1. Very sensitive to sound, touch, taste, smell, and of course their own feeling
  2. Very touchy
  3. Tend to over analyze things dan nanggepin sesuatu very personally or seriously
  4. Cenderung bilang “ok” daripada “enggak” karena takut gaenak sama orang lain
  5. Care so much sama apa yang dipikirin dan diomongin orang tentang mereka
  6. Sangat intuitif, sehingga bisa ngerasain mood dan emosi orang-orang di sekitarnya
  7. Butuh waktu untuk menyendiri at least once every day

Yang paling bikin gw bilang “yampun ini gw banget” adalah

point nomer 6. Gw bisa baca apa perasaan/mood/emosi orang lain dengan ngeliat mukanya. Lirikan kecil mata, kerutan dahi, sign apapun di mukanya, atau pun gesturenya. Gak banyak juga orang yang ngasih liat perasaan yang berbeda sama apa yang dia omongin. (Maksudnya kaya dia ngomong A tapi sebenarnya di hati dia  itu B)

Gw menyadari hal ini sejak gw SMP.

Pas gw tau kalau misalnya temen satu OSIS gw ga suka sama temen lainnya, padahal mereka lagi ngobrol biasa, Entah gw juga ga ngerti gw tau dari mana persisnya perubahan muka atau gesture orang itu. Pas gw tanya dia personally, eh ternyata bener dia emang sebel sama temennya itu. Trus dia kaget kenapa gw bisa tau.

Pas SMP sih gw masih merasa fine-fine aja dengan hal ini. Trus berlanjut SMA,

gw pun mulai berasa kalau gw aneh.

Apa gw indigo, atau punya sixth sense jangan2?  Soalnya apa yang gw rasakan, ga dirasain sama temen gw yang lain. Gw nanya ke temen “Eh, si A suka sama B ya?”, trus dia jawab, “Ah masa sih? Kayaknya engga deh. Si A biasa aja tuh ke B”. Eh beberapa minggu kemudian mereka malah jadian. (Maksudnya si A ama B yang jadian).

Tapi sekarang gw tau itu bukan keanehan karena ada orang yang merasakan hal itu juga sama kaya gw. But in my case, I’m not as sensitive as what the magz told.

Trus gw juga sangat amat touchy. Haha maksudnya tuh gw bener-bener perasa banget. Kalau orang cerita apa tuh bisa kaya terbawa. Kaya waktu dulu gw pernah ikutan nangis karena anak asuh gw cerita tentang keluarga dia yang berantakan.

Gw juga suka gaenakan banget orangnya. Gw pernah nanya temen gw, yang suka gw tanya ttg tugas kampus “Eh lu risih ya kalau gw suka nanya2? Maaf ya”. Terkadang orang bakal bilang lebay. Tapi gimana ya, gw takut bikin orang risih. Trus jadinya malah suka minta maaf. :c

Gw juga sangat care dengan apa yang orang lain omongin. Pernah loh sampe gw tulis di buku sifat2 gw, buat gw introspeksi diri karena ada yang bilang gw itu kaku dalam pergaulan. Tapi sekarang-sekarang ini gw udah belajar buat bersikap EGP sedikit untuk hal-hal yang seharusnya agak kurang penting.

Sometimes it can be bothering

Begitulah. Karena banyak emosi orang yang gampang terbaca sama gw, terlalu banyak informasi yang masuk tentang perasaan orang lain.

Sekarang gw sudah mulai bisa mengendalikan untuk sebisa mungkin tidak terlalu terbawa atau over analyze sth. Gw anggap aja ini suatu kelebihan yang Tuhan berikan😀

2 thoughts on “Being Highly Sensitive Person

Comments

