Broccoli : Cegah Gangguan Jantung

Brokoli atau dalam bahasa Latin brassica oleracea varitalica adalah sayuran yang termasuk suku kubis-kubisan. Brokoli berasal dari Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak lama. Sayuran ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an dan saat ini cukup populer sebagai bahan pangan bergizi tinggi.

Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli merupakan tanaman yang hidup dalam cuaca dingin. Selain bisa dimakan mentah, sayuran ini dapat diolah menjadi beragam hidangan lezat baik direbus atau dikukus.

Brokoli kaya akan provitamin A (karotenoid), asam folat, dan vitamin C. Agar vitaminnya tidak hilang sebaiknya dimasak sebentar, dan untuk menjaga warnanya tetap hijau segar, rebus brokoli dengan air mendidih yang sudah ditambahkan setengah sendok teh garam dapur.

MANFAAT BROKOLI

Brokoli memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah terjadinya gangguan jantung, kanker kolon, kanker prostat, kanker paru, dan kanker perut. Zat yang terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s